Hi guys... Para penggila dan pecinta dunia motor roda dua. Pada kesempatan kali ini aku akan mengulas tentang motor SATRIA FU 150 SC.
Setiap motor pasti mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing,kita tahu kalo satria fu berkonsep motor bebek sport 4 stroke.Tak mungkinlah kalo kita membicarakan kelebihannya,seringkali kita membicarakan kekurangan yang terdapat pada motor itu.Nah loe,,,kalo ngomongin soal kekurangan dari motor ini,pasti banyaklah kekurangannya.Pada kesempatan kali ini aku ingin sedikit mengulas tentang kelemahan satria fu dan bagaimana cara mengatasinya.
kalo ngomongin soal body dan kaki-kaki pada motor ini,itu memang sudah konsep dari suzuki membuat style motor seperti ini.Jadi sekarang aku ingin membahas tentang technology yang satria fu usung.
Satria fu mengusung mesin 150 cc 4 langkah 4 katup DOHC(double overhead cam),transmisi 6 speed serta dilengkapi system pendingin SACS(suzuki advance cooling system) system pendingin ini memanfaatkan sirkulasi oli sebagai system pendingin pada bagian mesin yang cepet panas(kepala silinder dan buring).setelah saya analisa,dan saya bedah mesin motor ini,serta mendengar keluhan-keluhan yang dirasakan oleh penguna motor ini,kemudian saya menyimpulkan bagian2 yang sering rusak dan harus dibenahi pada motor ini.
Seringkali para pemakai motor ini mengeluh tentang suara-suar berisik pada bagian kepala silinder,hal itu dikarenakan rantai mesin yang sudah kendor dan harus segera diganti.Adapula suara-suara berisik itu bukan berasal dari rantai mesin,melainkan dari setelan klep(shim klep) yang mulai aus atau merengang.kita tahu bahwa setelan klep yang dianjurkan pada motor ini(stelan klep bawaan pabrik)untuk klep in/klep masuk antara 0,10-0,20mm dan untuk klep ex/klep buang 0,20-0,30mm,jika setelan klep sudah melebihi ukuran yang dianjurkan diatas,biasanya klep akan menimbulkan bunyi berisik(tik tik tik)dan jika itu terjadi,anda harus segera menyetel ulang celah klep,dikarenakan jika sampai berlarut-larut setelan klep tidak anda benahi, resikonya bisa fatal,bisa saja nanti batang klep ikut aus pula,dan jika itu terjadi berarti anda harus mengikis/mengerinda batang klep tersebut agar rata kembali,tidak cuma itu andapula masih harus menyesuaikan shim klep yang pas dikarenakan klep sudah dipapas/digerinda.
Saya rasa penjelasan tentang rantai mesin dan penyetelan klep diatas anda semua sudah tau.Sebenarnya bagian yang harus benar-benar diperhatikan yaitu bagian noken as beserta tutup noken,dikarenakan pada bagian itu(noken as)belum mengunakan bantalan noken berupa bearings,(tak seperti pada umumnya),motor satria fu yang kalian punya masih seperti motor GL/CB 100,cuma bedanya kalo motor CB/GL,sudah mengunakan bearings disalahsatu bantalan noken tersebut,sedangkan satria fu hanya mengandalkan speare/celah antara tutup noken dan kepala silinder,tak menutup kemungkinan spear/celah tersebut akan membesar(sudah tak span/kenceng) dikarenakan gesekan yang terus menerus terjadi saat mesin bekerja/dihidupkan.mungkin akan sedikit sulit untuk mengatasi/membenahi bila celah itu membesar.Tapi kalian semua gak usah khawatir,para insinyur sudah mengatasi hal itu hehehe.
Kenalin dulu guys!my name is coolizt zuma-zuma.Aku ingin sedikit berbagi pengalaman dan ilmu,kepada para pecinta&pengila motor satria fu.Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi pengalaman dan ilmu tentang cara terbaik untuk mengatasi noken as satria fu yang sudah goblak.Sayangkan kalo kalian buang-buang banyak uang untuk membeli kepala silinder yang baru,padahal anda masih bisa membenahi kerusakan itu,daripada buat beli kepala silinder mendingan buat jajan kalo gak buat nyenengin pacar kan hehehe.Okeylah kalo begitu ini tips dariku.
Langkah pertama,bongkar mesin motor kalian,lepaskan kepala silinder dari bagian mesin yang lain,jika semua itu sudah anda lakuakan,anda harus mencari part untuk membenahi noken as kalian yang goblak itu,part yang harus anda cari,4 buah bearing punya motor mio(bilang aja laces buat poly assy primere cvt mio)kalo gak anda juga bisa memakai bearing motor scorpio,yang terletak pada swing arm/capit urang secorpio,anda membutuhkan 4 buah bearing.
Langkah kedua,bawa kepala silinder beserta isinya dan bawa pula barang yang tadi sudah anda beli(bearing)bilang aja ama tukang bubut,tolong pasangin bearing ini kedalam noken as,(upz bawa kebengkel bubut yang handal ya pasti mereka uda tau apa yang anda inginkan) .kalo semua itu sudah anda lakukan dan kepala silinder beserta noken as yang tadi sudah anda pasangi bearings sudah jadi ,anda tinggal merakitnya lagi hehehe pasti top cer,,,,,,,D
Sekarang motor anda sudah halus kembali gak ada suara berisik lagi,uda seperti baru lagi asssskkkk.
jangan lupa anda harus benar-benar nenperhatikan penggunaan oli pada motor anda,dikarenakan olipun sangat berperan penting untuk keawetan motor anda.kiranya cukup sekian dulu dari saya,bila ada salah-salah kata maaf ya maklum aku wong deso hehehe selamat mencoba dan semoga berhasil see you next time bye-bye.
goprax racing :D
BalasHapushahaha critane lagek dadi cah racing
BalasHapusMinta no hp yg bisa di hubungi gan..
HapusKalo untuk motor vario gimana y bos ??
BalasHapusmotor varionya tahun berapa?
BalasHapusdan kendala yg dirasakan apa?
thank's atas infonya semoga tambah sukses dan sehat selalu.amin
BalasHapusok gun samasama
BalasHapussy bisa bikin rapet lg rumah cam+cam satria fu rapet lg tanpa ada part yg di ganti+di kurangi atau pun di tambah..
BalasHapusmana gambar nya?
BalasHapuskasih penampakan nya dong,noken as yg dah pake bearing
Malam gan, kenalin nama saya dwie. Saya pemakai pemula FU nih. Singkat cerita saya baru beli FU keluaran pertama. Secara bodi Lumayan mulus. Tapi mesin berisiknya minta ampun kayak gilingan padi suaranya "klak klak klak" gtu kurang lbih. 😁 cuman ga ada asap sama skali. Ancur lah klo saya bilang. krna murah aja jd saya tertarik beli sama temen saya yg pak polisi itu. Kira2 langkah apa ni yg pertama hrus saya lakukan buat oprek ni mtor (servis atau ganti part apa dulu)? Saya pengen bangun ni mtor jdi mulus ky baru. Biar ada kepuasan tersendiri.
BalasHapusMalam gan,saya keluhannya sama kaya bang dwie,minta tipsnya dong?di tunggu balasannya,mesinnya udah menjerit jerit
BalasHapusMalam gan,saya keluhannya sama kaya bang dwie,minta tipsnya dong?di tunggu balasannya,mesinnya udah menjerit jerit
BalasHapusMaaf mz andry baru bisa bls skrng.
BalasHapusKalo urusan mesin fu yg suaranya gk karuan pastinya mesinnya harus dibongkar dan dicari penyebab suara brisiknya jikavsudah ditemukan kerusakannya saran saya kalo untuk motor suzuki gunakan part yg original suzuki jng abal" kalo abal" gk bakalan mesinnya bisa halus seperti semula sekia info dr saya makasih
gan saya mw naya.saya kan baru ganti oli,ko pas di cek lagi ko oli saya tinggal setangah gelas ya,ini terjadi setiap ganti oli dan ga pernah oli nya full segelas cuma sedikit2 trus tolong info nya thankss ya
BalasHapusLokasi bengkelnya dimana ya?
BalasHapusPermisi gan, saya mau tanya, saya punya satria fu, ketika mesin dingin dia halus,tapi ketika udah panas, atau setelah di pakai menempuh jarak kira2 1km, mesin berubah jadi sangat berisik udah saya bawa ke bgkel resmi tapi masih blm beres juga...
BalasHapusMaaf gan komentar"agan semuanya uda aq bls di emile anda masing" silahkan dibaca dan dipelajari jika blm mengeeti aq siap membantu kalian semuanya
BalasHapussalam otomotif gan???mau nanya2 nie?? kan saya punya motor satria fu ,suara mesin nya dari awal di hidupin sudah kasar banget tapi saat di pacu masih bertenaga jadi kira2 kendala suara kasarnya di mana ya gan???
BalasHapusitu suaranya di dalam block silinder nya???tolong di bantu gan
mungkin sistem pelumasan oli ke rantai kamprat kurang lancar brow
Hapusminta alamat lengkap bengkel nya dong om, kirim ke no saya 087886684198. thanks
BalasHapusSekarang mtor gw mlah udah ga hidup sama sekali. Udh kronis, kata bengkel bnyk yg harus diganti. Rantai api & tensioner udah mutlak hrus diganti. Shim jg ktanya hrus di stel ulang. 😭😭😭
BalasHapusmau nanya gan,oli yang co2k buat satria fu apa ya??
BalasHapusmau nanya gan,oli yang co2k buat satria fu apa ya??
BalasHapuscoba enduro brow
Hapusmau nanya gan,saya punya satria fu ketika mesin nya dingin suaranya kasar tapi ketika mesinnya panas kira" menempuh jarak 1km suara mesinnya halus, minta tipsnya agan? mesinnya udah menjerit-jerit :-)
BalasHapustokoobatpasutriherbal.com
BalasHapusApa yang cocok untuk overstroke satria f pertama
BalasHapusPagi gan fu ane bantalan boken as nya oblak kalo cara yang lain pake apa ya gan jangan pake bearing
BalasHapusCelah klep udh sesuai,rntai kenceng tpi msih tmbul suara ngelitik itu gmna boss
BalasHapusTlg infony
rantai kamprat, karet yg bantalan rantai kamprat sama tensionernya di stel lagi coba brow..
HapusSama mas punya saya jg normal
HapusSama mas punya saya jg normal
HapusHarga bearingnya kira kira berapaan?
BalasHapusCangkang/dudukan noken as di papas
BalasHapusMisi gan mau nanya, ane pke fu, ada kndala nih pas di speed 6 ada suara aneh, kaya suara angin gitu d mesin nya, solusinya gan
BalasHapusGan kira kira semuanya abis berapa?
BalasHapusGan kira kira semuanya abis berapa?
BalasHapusGan kira kira semuanya abis berapa?
BalasHapusGan kira kira semuanya abis berapa?
BalasHapusGan yang di bubut nokes as nya apa dudukan noken as nya
BalasHapusGan masalah saya sama kayak mas dwie mesin berisik kalo panas kira kira bunyi nya klok klok klok gitu gan tolong dong gan kalo tau masalah nya
BalasHapusmotor baru sekarang noken as ga pake bearing semua kaleeeee..vixion, cb150R, ninja 250..ga pake bearing semua noken asnya....
BalasHapusyang penting ganti oli teratur , "n filter oli ......agar oli bisa naik melumasi noken as ....gt brooooooooo...
BalasHapusGan s.fu saya ko bunyi kretek2 di bagian silinder tepatnya pada bagian kanan silinder .. itu kenapa ya gan
BalasHapusDi tunggu jawabannya..tks
tensionernya di stel lagi coba brow..
BalasHapusGan saya mau nanya motor saya klo pas di panasin kluar asap, tp klo jalan asapnya gak ada,dan klo rantai kamprat bunyi tik tik tik apa masih bisa di stel gan juga klep nya apa masih bisa di stel gan?
BalasHapusUdah itu aja gan di tunggu pendapatnya ya gan makasih
Gan kira2 pasang bearing noken as satria fu biaya nya abis berapa, terua saya udah ketemu bearing yang cocok yg udah ada jalur oli nya
BalasHapusGan kira2 pasang bearing noken as satria fu biaya nya abis berapa, terua saya udah ketemu bearing yang cocok yg udah ada jalur oli nya
BalasHapusBearing apa itu gan.?
Hapusmaaf gan minta info nya, satria f saya udh d gnti bru dri sentrik, tensioner, bntalan sentrik + sim sudash d stel tpi ms ad suara gemricik gan,, kira2 saya harus bagaimana gan? apakah harus d tambah bearing d noken as ny atau hal laen gan? ditunggu info nya gan,,
BalasHapusAgan punya pin bb atau nomor yang bisa dihubungi tidak,pengen nanya nanya soal satria fu,soal nya saya tidak pengalaman
BalasHapus085726669703
HapusSalam kenal gan, saya baru punya satria fu injection baru di pakai dua bulan tapi dari bagian kepala mesin ny keluar suara berisk tek-tek-tek mohon di bls y gan 'thnx
BalasHapusGan kalau stel klep biasanya abis brapa duit
BalasHapuskalo dibengkel resmi agak mahal gan soal shim klepnya harus diganti
HapusGan yg tau bengkel resmi dan yg tau tentang keluhan satria FU di tangerang di mana nya ya ?
BalasHapusGan yg tau bengkel resmi dan yg tau tentang keluhan satria FU di tangerang di mana nya ya ?
BalasHapusGan yg tau bengkel resmi dan yg tau tentang keluhan satria FU di tangerang di mana nya ya ?
BalasHapusTd Saya hbs Dr bengkel Suzuki, motor Saya fu 2015, kata mekaniknya, bunyi cek cek di head it memang wajar krn celah klep lebih besar dibikin Dr pabriknya, wajar. Kata mekaniknya juga, klep yg satria facelift buatan lokal..ga masalah asal bunyinya ga klo 2 gt. Disuruh pake oli 15/40..
BalasHapusKalo di rapetin shimnya kata mekaniknya malah mesin cepet Panas n tarikan ga Enak, noken cepet aus juga...
BalasHapussetuju
Hapusmau nanya om pdahal head baru noken dah pakai beiring tp pas posisi mesin panas banget knapa bunyi ngelitik d kpala silinder mohon ilmunya ...mkasih dah mau denger kluhan saya om...
BalasHapuscek kompresinya gan(soluai paling mudah coba agan pakai pertamax,kira"ada perbedaan atau gak)
HapusMas Fu saya kalau mesin dingin halus dan pada saat mesin panas agak berisik bunyi Tik tik.. tolong solusinya mas
BalasHapusMasalah saya sma seperti mas tri mugi, ketika mesin dingin alus tapi klo panas kira2 jalan 1-2km mulai bunyi tik tik nya, tolong bantuanya gan itu masalah timbul dari mana?
BalasHapusIya.. kebanyakan masalahnya sperti itu.. kira" yg perlu di benahin apa yah.. mohon bantuanya gan..
BalasHapusboring(linernya)masih standar original atau pernah diganti gan.
HapusGan,Ane punya fu th 2012
BalasHapusMesin kalo dihidupkan pistonnya bunyi ngerecek,kaya udah kena..
Padahal pas dibongkar masih bagus pistonnya,terus udah ane ganti juga pistonnya tapi masih bunyi ajah kalo dibawa jalan...
Kira2 itu penyakitnya apa ya gan
Mohon bantuannya
Terimakasih sebelumnya
clearance antara piston dan liner piston sudah di cek apa blm gan.
HapusPermisi gan, saya mau tanya, saya punya satria fu, ketika mesin dingin dia halus,tapi ketika udah panas, atau setelah di pakai menempuh jarak kira2 1km, mesin berubah jadi sangat berisik saya blm bawak kebengkel takut nanti ganti semua nya dan biaya nya bengkak .. Tolong kasi pencerahan nya gan supaya bisa meminimalkan biaya
BalasHapuscoba agan cek dulu rantai mesin tensioner dan stelernya serta gigi sentrik atas dan bawah
HapusGan minta pencerahan nya, motor Fu saya berisik. Rante keteng baru,nah cara mudah untuk ngilangin suara berisiknya gimana gan? Simnya kalo di ganjel plat aman ga
BalasHapusMaksih bos info nyah moga nermanfaat😁
BalasHapusKlo motor baru bagai mana udah bising begitu bos dan cara mengatasinya bagai mana
BalasHapusSatfia fu sy,,, pada kecepatan tinggi,,, d bagian kopnya berbunyi dan mau mati mesinnya?masalahnya apa ya
BalasHapus